1
Barongsai di Pontianak, Sape yang tak kenal dengan acare Imlek (taon baru cine/ warge keturunan tiong hoa) dan di tutop dengan peste cap go meh dengan selang waktu 14 hari.
Udah dikenal seluruh Indonesia paling ramai dan paling seru tu di Singkawang dan Pontianak, biasehe acare ini pas cap go meh nuronkan nage Barongsai, nage buatan yang didalamnye diisi dengan orang-orang pandai dan telateh untok gerakkannye secare kompak jadi kalo ditengok meliuk-liuk macam nage benar... ade gak yang namenye Tatung, die orang sakti yang biase tampel khusus di acare ini dengan tujuan menghibor biase atraksinye berupe kebal-kebalan. (ihhh seram) untok ngadekan nage di acara Cap Go Meh ni tadak siket-siket duet yang keluar, biase dikelola oleh yayasan, jadi tak sembarangan.

naga pontianak
Ni Barongsai Yang Pernah Tampel
Untok tahun ini, dari sumber yang saye bace di berite, bakalan ade nage besak yang nak dipesiapkan jaoh-jaoh hari oleh Yayasan Bhakti Suci (YBS) dijelaskan dalam berite tu panitia perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2567 Yayasan Bhakti Suci (YBS) ketuehe Sugioto (Rico) die bilang  "Naganya cukup besar. Panjangnya mencapai 100 meter dan kepalanya hampir sebesar kepala mobil keluarga," Itu yang sy kutep dari berite online. Diberi name NAGA LANGIT.
Naga Langit” ini rencanehe cume nak dimaenkan satu ari jak, pas cap go meh tgl 22 Februari. Nage 100 meter ini rupehe dibuat dengan 36 sambongan, total orang yang diperlukan dalame sekitar 120 orang. Panjang ye...

dilengkape lampion, ikan koi dan 15 ekok nage dengan panjang total 741 meter, yang dimaenkan sebanyak 1257 personel. Ngelewatek rute dari Jl A R Hakim, Jl Gajah Mada, Jl Pahlawan hingga ke Jl Tanjungpura. (Bakal seruuuuuu niiiii )
Siap-siap nage ini nak beratraksi di kote Pontianak dari siang sampai malam nanti tanggal 22 Februari. Sebelome tanggal 17 Februari ade pembukaan pekan promosi Kuliner, lalu tanggal 20 Februari ade ritual Nage Buka Mate. Selanjote tanggal 23 diteroskan ke acare Nage Tutop Mate dan pembakaran nage.
Dari pengalaman taon-taon sebelome dipastikan acare ini bakal ramai ditonton, jalanan sesak, karne ini acare tahonan yang langka dan unik dan tentulah patot kite dukung dan lestarikan demi jage kebudayaan dan ndatangkan wisatawan ke kote kite, sehingge ini jadi salah satu acare naekkan name Pontianak.
ini jaklah dolok yang bise q tules, semoge bemanfaat :)


Post a Comment

Sile komentar kawan....

 
Top